PAI : Kandungan Surah Al-Baqarah Ayat 30

Kandungan Surah Al-Baqarah Ayat 30



ARTINYA :
Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat, “Sesungguhnya hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi.” Mereka berkata,”Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan dan menumpahkan darah padanya, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan menyucikan Engkau?” Tuhan berfirman, “Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui”. (Q.S, Al-Baqarah,2:30)


Kandungan Surah Al-Baqarah ayat 30


Surah Al-Baqarah terdiri dari 286 ayat, termasuk golongan surah madaniyah karena diturunkan di Madinah, kecuali ayat 281 diturunkan di Mina. Diberi nama Al-Baqarah, artinya sapi betina, karena di dalamnya memuat kisah penyembelihan sapi betina yang diperintahkan Allah Swt. kepada Bani Israil. Surah Al-Baqarah dinamai pula Fastatul Quran (puncak Al-Quran) karena memuat beberapa hukum yang tidak disebutkan dalam surah yang lain. Dinamai pula Alif-Lam-Mim, karena surah ini dimulai dengan Alif-Lam-Mim.

Kandungan ayat dalam surah Al-Baqarah, 2:30 antara lain sebagai berikut.

1.) Allah Swt. memberi tahu kepada malaikat bahwa Allah Swt. akan menciptakan manusia yang kedudukannya sebagai khalifah (wakil Allah Swt.) di muka bumi.

2.) Allah Swt. memilih manusia menjadi khalifah di bumi.
3.) Malaikat belum mengetahui secara pasti apa yang diperbuat manusia setelah rencana Allah Swt. terwujud. Malaikat khawatir bahwa manusia nantinya akan berbuat kerusakan dan menumpahkan darah antar sesamanya.
4.) Malaikat mengajukan pertanyaan kepada Allah Swt. atas penciptaan manusia, padahal mereka selalu bertasbih, bertahmid dan menyucikan Allah Swt.
5.) Kekhawatiran malaikat atas penciptaan manusia sebagai khalifah menjadi hilang setelah mendapatkan penjelasan dari Allah Swt. bahwa Allah Swt. lebih mengetahui apa yang tidak diketahui oleh malaikat.

Perilaku sebagai Khalifah di Bumi yang Terkandung dalam Surah Al-Baqarah, 2:30

1.) Senantiasa mengabdi dan berbakti kepada Allah Swt., dengan menaati segala perintah-Nya dan menjauhi apa yang dilarang-Nya.
2.) Selalu menjunjung tinggi perdamaian dan persaudaraan, dan sebaliknya menghindari pertengkaran dan permusuhan.
3.) Selalu berusaha memakmurkan bumi dan menjaganya dari hal-hal yang merusak kehidupan.
4.) Selalu Berkeinginan meraih kehidupan yang lebih maju dengan cara yang baik dan benar, tidak bertentangan dengan hukum Allah Swt.

Kesimpulan Surah Al-Baqarah Ayat 30
Adanya dialog antara Allah Swt. dan para malaikat perihal penciptaan manusia di bumi, karena adanya perbedaan pandangan, serta malaikat telah mengetahui keberadaan manusia di bumi dan semuanya dibantah oleh Allah Swt. dengan perkataan " Sesungguhnya Aku lebih mengetahui apa yang kamu tidak ketahui ".

0 Response to "PAI : Kandungan Surah Al-Baqarah Ayat 30"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel